Admin

Sosialisasi Paten dalam rangka Kegiatan Layanan Paten Terpadu (Patent One Stop Service)

Sosialisasi Paten dalam rangka Kegiatan Layanan Paten Terpadu (Patent One Stop Service) bagi Perguruan Tinggi / Lembaga Litbang / Pelaku Usaha

Bertempat di Ruang Rapat Sekda Lantai IV pada hari Selasa, 20 Februari 2024 Bappeda Kabupaten Kudus berkolaborasi dengan Kemenkumham RI / DJKI dan Kanwil Kemenkumham Provinsi Jawa Tengah  menyelenggarakan Sosialisasi Paten Sosialisasi Paten dalam rangka Kegiatan Layanan Paten Terpadu (Patent One Stop Service) bagi Perguruan Tinggi / Lembaga Litbang / Pelaku Usaha. Acara yang dibuka oleh Drs. Revlisianto Subekti, selaku PJ. Sekretaris Daerah Kabupaten Kudus, dan didampingi oleh Anggiat Ferdinan Panjaitan, SH., MH selaku Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkumham Prov. Jateng dan Faisal Syamsudin, ST, MT, selaku Ketua Pokja Perundangan Kemenkumham RI / DJKI , membuka pintu bagi para pemangku kepentingan untuk memahami pentingnya perlindungan paten dalam mengembangkan inovasi dan menggalakkan investasi di Kabupaten Kudus.

Peserta disajikan dengan informasi mendalam mengenai proses perolehan paten dan fasilitas layanan yang diberikan melalui Patent One Stop Service. Langkah-langkah konkret dan persyaratan yang harus dipenuhi dalam mengajukan paten menjadi sorotan utama, dengan harapan dapat mendorong lebih banyak institusi pendidikan, lembaga riset, dan pelaku usaha untuk memanfaatkan peluang ini, diantaranya

a.            Pengenalan bisnis proses paten

b.            Asistensi patent drafting

c.             Fasilitasi asistensi penyelesaian permohonan paten

d.            Pencetakan sertifikat paten

e.            Fasilitasi pemeliharaan paten

f.             Fasilitasi penyalanan hukum paten

Melalui sinergi antara pemerintah daerah dan lembaga pemerintah pusat, diharapkan bahwa kegiatan sosialisasi ini  menjadi titik awal bagi terciptanya ekosistem inovasi yang berkelanjutan di Kabupaten Kudus. Dengan demikian, upaya untuk meningkatkan daya saing dan kemandirian dalam bidang kekayaan intelektual dapat terus mengalir dan memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat dan perekonomian daerah terutama di Kabupaten Kudus.

Author

BAPPEDA

Kabupaten Kudus

Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah Kabupaten Kudus adalah unsur perencana penyelenggaraan pemerintahan yang melaksanakan tugas dan mengkoordinasikan penyusunan, pengendalian, dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah.