Admin

Pemerintah Kabupaten Kudus meraih Penghargaan Adipura Tahun 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI

Pemerintah Kabupaten Kudus meraih Penghargaan Adipura Tahun 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Menteri LHK Alue Dohong dan diterima oleh Pj. Bupati Kudus Muhamad Hasan Chabibie di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti KLHK, Jakarta, Selasa (5/3).

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengucapkan selamat kepada para kepala daerah penerima Penghargaan Adipura Tahun 2023. Penghargaan ini menjadi representasi kesungguhan dalam mengatasi persoalan lingkungan pada umumnya, juga persoalan sampah dan ruang terbuka hijau pada khususnya.

Pasca menerima Penghargaan Adipura Tahun 2023, Pj. Bupati Hasan mengungkapkan rasa syukur atas raihan yang diperoleh Kabupaten Kudus. Dirinya menyebut penghargaan ini merupakan keberhasilan yang diraih berkat komitmen, kerja sama dan kolaborasi dari berbagai elemen, yaitu pemerintah daerah, masyarakat, serta stakeholder lainnya melalui perannya masing-masing.

Hasan menyebut capaian Kabupaten Kudus yang memperoleh penghargaan Adipura selama dua tahun berturut-turut semakin menguatkan komitmen dan kerja kolaborasi dalam pelestarian lingkungan. Ke depan, pelestarian lingkungan akan semakin menekankan aspek pemberdayaan masyarakat, peningkatan sarana dan prasarana, pemanfaatan teknologi, serta pengintegrasian program pengelolaan sampah dari hulu hingga ke hilir.

Sebagai informasi, penganugerahan penghargaan Adipura telah melalui tahapan pemantauan lapangan terhadap 259 kabupaten/kota se-Indonesia, atau sebanyak 50,39 persen dari 514 kabupaten/kota sebagaimana yang disampaikan oleh Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar.

Dari hasil pemantauan tersebut, sebanyak 5 kabupaten/kota meraih Anugerah Adipura Kencana pada tahun 2023 ini, yakni Kota Balikpapan, Kota Surabaya, Kota Bontang, Kota Bitung dan, Kabupaten Ciamis.

Selanjutnya, sebanyak 106 kabupaten/kota meraih Anugerah Adipura sebagai penghargaan terhadap kinerja pengelolaan lingkungan hidup perkotaan yang baik.

Selain itu, sebanyak 51 kabupaten/kota meraih penghargaan Sertifikat Adipura dan 6 kabupaten/kota meraih penghargaan Plakat Adipura.

Author

BAPPEDA

Kabupaten Kudus

Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah Kabupaten Kudus adalah unsur perencana penyelenggaraan pemerintahan yang melaksanakan tugas dan mengkoordinasikan penyusunan, pengendalian, dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah.