HOTLINE : (0291) 430 080 | bappeda.kuduskab@gmail.com

Produk Bappeda

Produk Bappeda adalah beberapa produk yang digunakan oleh Bappeda Kabupaten Kudus untuk mendukung kinerja dari Bappeda dalam rangka membangun perencanaan pembangunan Kabupaten Kudus sehingga menjadikan Kudus sebagai daerah yang maju, mandiri dan didukung dengan perencanaan yang baik menuju Kudus yang semakin sejahtera.

SIMTARU (Sistem Informasi Tata Ruang) Kabupaten Kudus

Dalam rangka melaksanakan pembinaan penataan ruang di Kabupaten Kudus dan memberikan keterbukaan informasi kepada publik tentang rencana tata ruang wilayah (RTRW) di Kabupaten Kudus, perlu dilakukan penyebarluasan informasi Peraturan Daerah Kabupaten Kudus Nomor 16 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Kudus Tahun 2012-2032 melalui pengembangan sistem informasi dan komunikasi penataan ruang berbasis internet/web dengan aplikasi Geograhical Information System (GIS), yang untuk selanjutnya disebut Sistem Informasi Tata Ruang (SIMTARU) Kabupaten Kudus. Simtaru ini dapat di akses melalui www.gis.kuduskab.go.id dimaksudkan untuk memberikan informasi secara terbuka mengenai penataan ruang di kabupaten kudus secara spasial sehingga masyarakat di Kabupaten Kudus secara khusus dan masyarakat umum lainnya secara umum dapat mengetahui perencanaan penataan ruang di Kabupaten Kudus dengan mudah.


Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah untuk penyebarluasan informasi tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) di Kabupaten Kudus agar mudah diakses oleh masyarakat, pelaku dunia usaha dan investor yang membutuhkan dan akan memanfaatkan ruang di Kabupaten Kudus.

Website Kabupaten Kudus

Website Kabupaten Kudus merupakan website resmi Kabupaten Kudus. Sebagai salah satu alat publikasi atas informasi terhadap masyarakat Kudus khususnya, dan masyarakat luar umumnya, website Kabupaten Kudus memiliki konten segala informasi tentang Kabupaten Kudus, mulai dari Sistem Administrasi Pemerintahan, kebudayaan sampai dengan objek wisata yang ada di Kabupaten Kudus.


Selain itu juga website Kabupaten Kudus yang dikelola oleh Pemerintah Daerah Kudus, menyuguhkan berbagai berita terbaru yang ada di Kabupaten Kudus. Dengan adanya informasi yang dipublikasikan di website resmi Kabupaten Kudus ini, dapat menjadikan referensi dan salah satu sarana untuk mengenalkan Kabupaten Kudus ke masyarakat yang lebih luas.

Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD)

Sistem Informasi Pembangunan Daerah selanjutnya disingkat SIPD adalah suatu sistem yang mendokumentasikan, mengadministrasikan, serta mengolah data pembangunan daerah menjadi informasi yang disajikan kepada masyarakat dan bahan pengambilan keputusan dalam rangka perencanaan, pelaksanaan, evaluasi kinerja pemerintah daerah.


SIPD berfungsi sebagai sebuah jejaring dalam pengumpulan data secara terpadu, realtime dan online di pusat dan daerah dengan menggunakan teknologi informasi, sebagai dukungan dalam perencanaan program dan kegiatan serta evaluasi pembangunan daerah secara rasional, efektif dan efisien. Tentunya Sistem informasi tersebut dapat juga digunakan untuk mendukung integrasi pemanfaatan data terkait dengan Perkembangan Pembangunan pada masing-masing instansi pemerintah.

Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah (SIPPD) Provinsi Jawa Tengah

Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah yang selanjutnya disingkat SIPPD adalah aplikasi yang dipergunakan untuk mengelola usulan rencana kegiatan pemerintah daerah yang penggunanya adalah Pemerintah Daerah dan non Pemerintah Daerah yang memanfaatkan jasa, fasilitas atau informasi dalam sistem.


Kegunaan SIPPD untuk menampung usulan kegiatan dari pengguna SIPPD menurut alur penggunaan dan jangka waktu uang ditentukan sesuai dengan tahapan perencanaan.

e-Musrenbang

e-Musrenbang merupakan media dalam upaya meningkatkan efektivitas dan sinergi proses perencanaan bottom-up dan top-down sehingga menghasilkan perencanaan yang berkualitas. Aplikasi e-Musrenbang yang merupakan aplikasi yang berbasis website yang dapat menghasilkan materi usulan pendanaan dan kegiatan yang dapat digunakan dalam Musrenbang Provinsi (hasil usulan Kabupaten/Kota) serta Musrenbang Nasional (hasil usulan Provinsi) sebagai masukan dalam Penyusunan RKP.
Hasilnya kemudian difinalisasi lebih lanjut sebagai pedoman dalam penyusunan RKA K/L yang merupakan mata rantai dalam proses penyusunan APBN.

e-Planning Kabupaten Kudus

Kabupaten Kudus telah menggunakan e-planning dalam perencanaan pembangunan yang berbasis Website. Tujuan dari e-planning adalah untuk meningkatkan kualitas data dan informasi terhadap pelaksanaan rencana pembangunan daerah dan evaluasi terhadap hasil rencana pembangunan daerah, yang terintegrasi di seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah di Pemerintah Kabupaten Kudus dengan memanfaatkan Teknologi Informasi berbasis web.


Dalam e-planning di Kabupaten Kudus ada beberapa content atau fasilitas yang disediakan, antara lain penyusunan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kabupaten Kudus, penyusunan Renstra (Rencana Strategis) Kabupaten Kudus, Simrenbang (Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah) Kabupaten Kudus, dan Monev (Monitoring dan Evaluasi) Pelaksanaan Perencanaan Pembangunan di Kabupaten Kudus.
Dengan adanya e-planning, penyusunan RPJMD, Renstra, Perencanaan Pembangunan, dan Monev dapat berjalan lebih baik, lebih efektif dan akurat.

Bangumas Kabupaten Kudus

Bang Umas merupakan suatu sistem informasi yang digunakan sebagai wadah usulan atau aspirasi masyarakat dan untuk mengakomodasi, mendokumentasi serta sebagai monitoring usulan – usulan masyakarat yang diajukan dalam rangka perencanaan pembangunan daerah di Kabupaten Kudus.


Tujuan dari Bangumas ini adalah sebagai berikut :

  • Memberikan layanan informasi publik tentang perencanaan pembangunan Kabupaten Kudus melalui aplikasi online;
  • Menjadi media usulan pembangunan bagi masyarakat secara online yang nantinya dapat ditindaklanjuti oleh Organisasi Perangkat Daerah yang terkait;
  • Sebagai bentuk transparansi pelaksanaan perencanaan pembangunan di Kabupaten Kudus.

Layanan Bappeda

Bappeda di dalam tugasnya untuk merencanakan pembangunan daerah khususnya Kabupaten Kudus, memiliki beberapa bidang yang mempunyai tugas dan fungsi yang diharapkan untuk membantu pemerintahan di dalam perencanaan pembangunan. Tugas dan Fungsi dari masing-masing bidang berbeda-beda, dan setiap bidang juga memiliki spesifikasi kerja masing-masing.

Bidang Pemerintahan, Sosial dan Budaya

Bidang Pemerintahan, Sosial dan Budaya mempunyai tugas melaksanakan penyusun perumusan kebijakan umum dan kebijakan strategis pelaksanaan penyusunan rencana pembangunan daerah dibidang Pemerintahan & Sosial Budaya.


Bidang Pemerintahan, sosial dan Budaya terdiri dari :
- Sub Bidang Pemerintahan; dan
- Sub Bidang Sosial dan Budaya

Bidang Ekonomi

Bidang Ekonomi dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas pokok Kepala Badan dalam merumuskan kebijakan, mengkoordinasikan, membina, dan mengendalikan kegiatan bidang pertanian, industri, perdagangan, koperasi, dan dunia usaha serta penanaman modal.


Bidang Ekonomi terdiri dari :
- Sub Bidang Inkop, Perdagangan, DU & Pariwisata; dan
- Sub Bidang Pertanian

Bidang Fisik, Sarana dan Prasarana

Bidang Fisik, Sarana dan Prasarana dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas Kepala Badan dalam merumuskan kebijakan, , membina, dan mengendalikan kegiatan bidang Fisik dan Prasarana. Untuk melaksanakan tugas pokok, Bidang Fisik dan Prasarana.

Bidang Fisik, Sarana dan Prasarana terdiri dari :
- Sub Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup; dan
- Sub Bidang Prasarana Daerah

Bidang Penelitian, Pengembangan dan Statistik

Bidang Penelitian, Pengembangan dan Statistik dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas Kepala Badan dalam merumuskan kebijakan, mengoordinasikan, membina dan mengendalikan kegiatan bidang penelitian, pengembangan dan Statistik

Bidang Penelitian, Pengembangan dan Statistik terdiri dari :
- Sub Bidang Penelitian dan Pengembangan; dan
- Sub Bidang Pengolahan Data dan Statistik

This is CSS Tab 3

Vivamus magna justo, lacinia eget consectetur sed, convallis at tellus. Cras ultricies ligula sed magna dictum porta. Nulla quis lorem ut libero malesuada feugiat. Mauris blandit aliquet elit, eget tincidunt nibh pulvinar a. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Quisque velit nisi, pretium ut lacinia in, elementum id enim. Donec sollicitudin molestie malesuada. Vestibulum ante ipsum primis in faucibus orci luctus et ultrices posuere cubilia Curae; Donec velit neque, auctor sit amet aliquam vel, ullamcorper sit amet ligula. Vivamus suscipit tortor eget felis porttitor volutpat. Cras ultricies ligula sed magna dictum porta.