Admin

Penerimaan Kunjungan BRIN Sinkronisasi Kebijakan untuk Pemajuan Iptek di Kudus

Hari Kamis, 27 Juni 2024, bertempat di Ruang Rapat Sekda Lantai 2 Gedung A Kabupaten Kudus, dilaksanakan penerimaan kunjungan dan koordinasi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) terkait perencanaan pembangunan pemerintah daerah, ekosistem riset dan inovasi daerah, serta daya saing daerah.

Rapat tersebut dipimpin oleh Drs. Revlisianto Subekti selaku Sekda Kabupaten Kudus dan rombongan BRIN dipimpin Dr. Yopi selaku Deputi Bidang Riset & Inovasi Daerah. 

Pertemuan ini menekankan pentingnya pemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) untuk mendukung pembangunan nasional, sekaligus memperkuat ekosistem riset dan inovasi di daerah. Sinkronisasi kebijakan antara Pemerintah Pusat dan Daerah sangat diperlukan agar Pemerintah Daerah dapat mengembangkan ekosistem riset dan inovasi yang kuat serta menyusun strategi pemajuan Iptek, guna mendukung pembangunan daerah.

BRIN sendiri memiliki tiga peran penting dalam mendukung pemerintah daerah, yaitu:
1.    Memperkuat perencanaan pembangunan daerah.
2.    Menyusun rencana induk dan peta jalan pemajuan Iptek di daerah.
3.    Menjadi orkestra pengembangan ekosistem riset dan inovasi daerah.

Dalam rapat tersebut, berbagai strategi dan rencana aksi dibahas untuk memastikan bahwa Kabupaten Kudus dapat menjadi daerah yang maju dalam bidang riset dan inovasi, sekaligus meningkatkan daya saing daerah di tingkat nasional.

Author

BAPPEDA

Kabupaten Kudus

Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah Kabupaten Kudus adalah unsur perencana penyelenggaraan pemerintahan yang melaksanakan tugas dan mengkoordinasikan penyusunan, pengendalian, dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah.