Admin

Rapat koordinasi persiapan penyusunan kajian Potensi Unggulan Desa (PUD) se-Kabupaten Kudus.

Dalam upaya menyusun kajian potensi unggulan desa di 9 kecamatan se-Kabupaten Kudus, Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian & Pengembangan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kudus menggelar rapat koordinasi pada hari Selasa, 14 Mei 2024. Rapat dihadiri oleh sekitar 60 peserta yang terdiri dari perwakilan Universitas Negeri Semarang, Organisasi Perangkat Daerah, serta perwakilan dari kecamatan dan desa.

Potensi unggulan desa merupakan sumber daya atau keunggulan khas yang dimiliki oleh suatu desa yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. Keunggulan ini bergantung pada karakteristik alam, sosial ekonomi, dan budaya dari masing-masing desa.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk menghasilkan beberapa output penting. Pertama, setiap desa diharapkan dapat mengajukan hak kekayaan intelektual dari potensi unggulan desa yang ada, baik dalam bentuk hak cipta maupun hak paten sederhana seperti logo, kesenian, atau budaya desa. Kedua, tersedianya dokumen penelitian potensi unggulan desa di  132 Desa/Kelurahan pd 9 kecamatan di Kabupaten Kudus.

Dengan adanya kajian ini, diharapkan desa-desa di Kabupaten Kudus mampu mengidentifikasi dan memaksimalkan potensi unggulannya, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mempercepat pertumbuhan ekonomi lokal berbasis kearifan lokal dan potensi spesifik masing-masing desa.

Author

BAPPEDA

Kabupaten Kudus

Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah Kabupaten Kudus adalah unsur perencana penyelenggaraan pemerintahan yang melaksanakan tugas dan mengkoordinasikan penyusunan, pengendalian, dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah.