Admin

Rembuk Stunting Tingkat Kabupaten Kudus

Pada Hari Jumat, 8 Juli 2022 Bappeda Kabupaten Kudus menyelenggarakan Rembuk Stunting Tingkat Kabupaten Kudus dengan tema “ Peningkatan Peran Pemangku Kepentingan Dalam Upaya Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Kudus” yang bertempat di Pendopo Kabupaten Kudus. Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Kudus Dr. HM. Hartopo, ST, MM, MH, Kegiatan ini dihadiri kurang lebih 150 Peserta yang terdiri dari TP. PKK Kabupaten Kudus, OPD terkait, Camat, Kepala Desa Lokus Stunting, CSR Perusahaan, Akademisi, Organisasi Profesi yang terdiri dari IDI, IBI, Perbankan, Direktur Rumah Sakit, dan Pemangku Kepentingan (orang perseorangan, masyarakat, dunia usaha, perguruan tinggi, mitra pembangunan yang terkait dengan percepatan penurunan stunting) Persatuan Ahli Gizi.

Rembuk Stunting merupakan suatu langkah penting yang harus dilakukan pemerintah kabupaten Kudus untuk memastikan terjadinya integrasi pelaksanaan intervensi penurunan stunting secara Bersama-sama  antara OPD penanggung jawab layanan dengan sector/Lembaga non-pemerintah daerah dan masyarakat, serta berkolaborasi dengan pihak swasta diantaranya Djarum Foundation, PT Nojorono Tobacco International, Bank Jateng, dan PT Sari Warna Asli.

Maksud dan tujuan forum untuk pemantapan dan penyamaan persepsi Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Kudus, setelah dikukuhkan oleh Bupati Kudus. Penyelenggaraan kegiatan dimaksudkan juga untuk menyatukan komitmen semua stakeholder untuk Bersama- sama melakukan upaya dan langkah-langkah penanganan masalah stunting di Kabupaten Kudus sebagai salah satu permasalahan kesehatan yang menjadi isu nasional dan isu strategis didalam RPJMD Kabupaten Kudus Tahun 2018-2023.

TPPS tersebut, dibagi menjadi dua tugas yaitu pengarah dan pelaksana. Tim pengarah diketuai oleh bupati dan beranggotakan unsur Forkopimda sebagai penentu arah kebijakan, sedangkan tim pelaksana diketuai Sekretaris Daerah dan Ketua TP PKK Kabupaten sebagai wakil. Pembentukan tim percepatan penurunan stunting tersebut, diharapkan bukan sekedar seremonial tetapi melaksanakan aksi nyata percepatan penurunan stunting di Kabupaten Kudus.

Author

BAPPEDA

Kabupaten Kudus

Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah Kabupaten Kudus adalah unsur perencana penyelenggaraan pemerintahan yang melaksanakan tugas dan mengkoordinasikan penyusunan, pengendalian, dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah.