Admin

Penerimaan Penghargaan Anugerah IDSD dan KRENOVA tingkat Provinsi Jawa Tengah

Pada Hari Kamis, 26 November 2021 Pemerintah Kabupaten Kudus yang diwakili oleh Bappeda Kudus menghadiri penerimaan Penghargaan Anugerah Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) tingkat Provinsi Jawa Tengah dan tiga pemenang Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) Tahun 2021. Kreasi dan inovasi tersebut nantinya akan terus dikembangkan menjadi produk yang dapat dikomersilkan. Kegiatan ini dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Ada sebanyak 14 kabupaten/ kota penerima penghargaan IDSD yaitu Kota Surakarta, Kota Semarang, Salatiga, Kota Pekalongan, Wonogiri, Sragen, Kabupaten Semarang, Rembang, Purbalingga, Pati, Kudus, Kendal, Banyumas dan Batang. Kabupaten Kudus sendiri mendapat juara ke III kategori Sumber Daya Manusia .

 

Menurut Agung Koenmarjono selaku Kepala Bidang Inovasi dan Teknologi Bappeda Provinsi Jawa Tengah, untuk bisa bersaing diperlukan kreativitas dan inovasi. Tidak hanya dari pemerintah atau pemerintah daerah, melainkan juga dari masyarakat serta akan terus dikembangkan berkolaborasi bersama perguruan tinggi, komunitas inovatif, media massa, bahkan dunia usaha. Hal itu untuk menindaklanjuti atau implementasi dari produk kreasi dan inovasi dapat dilakukan komersialisasi dan hilirisasi.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengutarakan, penghargaan tersebut merupakan bentuk kepedulian pemerintah provinsi terhadap kabupaten/ kota maupun masyarakat, yang telah berhasil melakukan inovasi kreasi. “Kenapa perlu kreasi inovasi? Karena menyongsong era 5.0. Itu sebenarnya  komunitas itu bisa menyelesaikan sendiri. Memadukan berbagai kekuatan, sumberdaya, termasuk teknologi informasi digital untuk menyelesaikan persoalan. Nah, ternyata banyak kabupaten/kota ini yang hebat-hebat. Bahkan tadi ada bagian masyarakat yang terlibat dan hasilnya cukup bagus, dan kita kasih pernghargan pada mereka,” tandasnya.

Author

BAPPEDA

Kabupaten Kudus

Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah Kabupaten Kudus adalah unsur perencana penyelenggaraan pemerintahan yang melaksanakan tugas dan mengkoordinasikan penyusunan, pengendalian, dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah.